17 Mei, 2016

Wisata Air Terjun Maddenge di Maros

Setiap keindahan yang ditawarkan untuk memanjakan mata, saya yakin akan selalu mencoba untuk berada disana bersama rekan-rekan dengan hobi yang sama dengan saya.

Seperti biasanya di akhir pekan mengisi dengan perjalanan ke tempat wisata di luar Ibukota Sulawesi Selatan dengan persiapan yang telah di persiapkan beberapa hari sebelumnya, termasuk perbekalan, tenda dan perlengkapan lainnya yang efektif digunakan.

Kali ini kami memilih untuk berwisata dengan keseruan kami ke Air Terjun, Air Terjun menjadi pilihan kami dari beberapa opsi yang ada, katanya bisa membuat kami lebih segar dan membuat kami merasa lebih nyaman dari rasa penat dan mungkin ada stres nya di tempat kerja...hehehe. Air terjun Maddenge menjadi pilihan perjalanan kami kali ini.

Dalam grup obrolan kami, saya pun sempat bertanya-tanya tentang Air terjun Maddenge ini karena namanya saja baru saya dengar, mungkin kurang di ekspose keluar yang berbeda dengan beberapa air terjun lainnya yang ada di Kabupaten Maros, kami akan berjalan dengan keseruan kami dan mencoba bercerita tentang Air Terjun Maddenge dengan harapan akan menjadi tempat wisata populer juga di Sulawesi Selatan

Perjalanan dari Kota Makassar ke Kota Maros sekitar 45 menit, lalu di lanjutkan ke Kec. Camba dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.


Letak Air Terjun Maddenge berada di Desa Pattiro Deceng, Kec. Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Indonesia

Sedikit informasi dari perjalanan saya dan rekan-rekan seperjalanan, setibanya di Kecamatan Camba,  karena jalan poros Maros-Bone sangat mulus jadi anda harus pelan-pelan berkendaranya, Desa Pattiro Deceng berada sebelum SPBU yang ada di Camba ada lorong dan jalan agak mendaki di antara pemukiman warga, posisi jalan berasa di sebelah kiri jalan jika berangkat dari arah Kota Maros, agar tidak nyasar, cobalah bertanya pada penduduk sekitar. Perjalanan ke tempat wisata ini bisa menggunakan kendaraan bermotor atau kendaraan roda empat. Nah, jika anda sudah menemukan jalan ke arah Air terjun, jalan yang akan banyak di temui yaitu jalan menanjak, di pertengahan jalan ada jalan bercabang yang tujuan dari kedua jalan itu tetap mengarah ke lokasi parkiran Air Terjun Maddenge maka saya sarankan untuk memilih jalan sebelah kanan untuk menghindari jalan yang menanjak terlalu tinggi, jalan menanjak tersebut telah banyak insiden kejadian yang tidak diinginkan menurut warga setempat, karena waktu kami kesana juga sempat mendapatkan wisatawan lain yang mengalami insiden ditempat tersebut dan harus kami bantu untuk di bawa ke Puskesmas. Itu sedikit masukan informasi dari saya. Perjalanan dari jalan poros Maros-Bone hingga ke tempat parkiran itu sekitar 10 menit. Dari parkiran harus berjalan kaki lagi sekitar 20-30 menit ke lokasi tujuan melewati kebun dan sawah warga setempat. Ada juga beberapa air terjun kecil yang ditemukan sebelum tiba di Air Terjun Maddenge

Persawahan warga
Persawahan warga menggunakan air irigasi dari sungai Pattiro Deceng yang melalui air terjun Maddenge. 
Air Terjun Pertama yang kami temukan
Dari lokasi air terjun pertama ini, jalan menuju air terjun Maddenge selanjutnya akan banyak bebatuan berlumut yang akan anda lewati jadi mesti tetap hati-hati dan memperhatikan pijakan kaki saat melangkah


Bebatuan menuju ke Air Terjun Maddenge

Air terjun kedua yang jami temujan
Perjalanan masih terus berlanjut ke Air Terjun Maddenge, memanjat bebatuan dan melewati sungai harus di lewati hingga tiba di lokasi tujuan.

Air terjun Maddenge
Kelelahan yang kami dapatkan akhirnya hilang dan tak terasa lagi melihat keindahan dari Air Terjun Maddenge ini yang berdindingkan tebing batu yang juga selalu basah karena air yang tetap keluar dari akar pohon besar di atas tebing, hembusan angin ketika kita berdiri di antara tebing akan terasa, yang meberikan kesegaran dan kesejukan bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Air Terjun Maddenge ini dengan posisinya yang berada diantara tebing batu membuatnya unik dari air terjun lainnya.

Mungkin itu informasi kecil dari saya, semoga bermanfaat besar bagi Anda.

Keep Kalem dan tetap Jaga Kebersihan Alam kita

Kami sodorkan foto keseruan kami selama di lokasi Air terjun Maddenge:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar