15 Mei, 2016

Suguhan Wisata Alam Air terjun Lacolla yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan

 Menjadi seorang karyawan pada sebuah perusahaan menjadikan waktu luang untuk bersantai atau rehat dari pekerjaan sangatlah sedikit. Berangkat kerja sebelum matahari terbit dan pulang ke rumah pada saat matahari sudah terbenam (haha… curhat sedikit). Waktu liburan sabtu-minggu digunakan oleh sebagian orang dengan profesi yang sama dengan saya memilih untuk beristirahat di rumah dan mungkin mengisi waktu liburan dengan berkunjung ke tempat wisata yang mudah di jangkau dari tempat tinggalnya, tapi karena hobi dan suka dengan nuansa alam seperti air terjun maka saya dan beberapa rekan yang memiliki hobi yang sama kadang menyempatkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata yang cukup jauh dari tempat tinggal.

Air terjun merupakan tujuan wisata alam yang menjadi bagian dalam perjalanan wisatawan untuk memanjakan mata mereka dan mendapatkan sesuatu kepuasan tersendiri bagii penikmatnya. Kabupaten Maros terkenal dengan keindahan alam yang di milikinya. Kali ini saya akan membahas mengenai Air Terjun Lacolla yang merupakan air terjun yang indah untuk menjadi pilihan tepat untuk mereka yang ingin menikmati nuansa alam yang mampu membuat kita lebih fresh.
Air Terjun Lacolla
Air Terjun Lacolla terletak di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan  Cenrana, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia.

Kawasan wisata alam ini telah dikenal oleh masyarakat Maros namun masih minim diketahui oleh wisatawan dari luar kota Maros terlebih lagi oleh wisatawan mancanegara. Bagi yang ingin berkunjung ke tempat ini maka anda akan di suguhi dengan pemandangan yang indah dengan air yang segar yang berasal dari mata air pegunungan Dusun Malaka. Air terjun Lacolla dengan air yang mengalir di bebatuan, bentuk air terjun yang unik dengan bebatuan yang bertingkat-tingkat dan tebing yang tinggi serta bebatuan di jalur sungai yang cukup besar (tapi tetap waspada  dan hati-hati karena bebatuan yang lembab dan ditumbuhi oleh lumut biasanya licin).

Bebatuan yang ada pada poros air terjun Lacolla
Warga setempat memanfaatkan air yang mengalir ini untuk kebutuhan rumah tangga mereka, untuk keperluan irigasi persawahan dan juga digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air (penggunaan kincir air) untuk masyarakat yang ada di dusun Tanete.

Perjalanan ke Air Terjun lacolla ini dari Kota Maros sekitar 1 jam menuju Kec. Cenrana, setelah tiba di Kec. Cenrana, ada dua jalur yang saya ketahui untuk menuju ke objek Wisata ini yaitu melalui Dusun Kaluku, Desa lima Poccoe. untuk lewat di jalur ini biasa di lewati oleh kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 2, arah menuju sungai yang ada di tepi jalan poros. Jalur yang kedua yaitu melewati jembatan gantung Kobae yang hanya bisa di lalui oleh kendaraan bermotor, tapi perjalanan melalu tempat ini cukup ekstrim dengan lintasan yang mendaki hingga sampai di bukit Kanari, dari bukit Kanari menuju lokasi tujuan itu sekitar 15 menit lagi. Perjalanan yang lumayan jauh. 

Jembatan Gantung menuju Air terjun Lacolla dekat jalan poros Maros -Bone
Pemerintah setempat kini telah melakukan perbaikan jalan menuju lokasi ini jadi jangan takut karena perjalanan anda akan lebih nyaman dan lebih puas untuk menikmati pemandangan sekitar menuju lokasi Air Terjun Lacolla.


Karena kami lebih menikmati suasana pagi hari untuk berada di Air terjun, maka kami melakukan perjalanan malam, ke tempat Wisata dan menginap di rumah warga setempat (rejeki tiap orang beda-beda, tidak untuk di tiru, nanti anda di tolak…hehe), kadang kami juga harus memasang tenda untuk nginap di dekat lokasi air terjun.


Semoga ini bisa membantu anda untuk mendapatkan informasi tentang kondisi air terjun Lacolla – Maros. Jangan lupa jika berkunjung ke tempat wisata untuk membawa kembali sampah anda. Jagalah kebersihan Alam kita biar tampak alami, dan bebatuan bukan tempat untuk coret-coret ya ,


Kami Lampirkan Foto-foto keseruan perjalanan kami saat ada di Air Terjun Lacolla


Pada Pagi Hari  (Saat Gerhana Matahari terjadi, kami ada di Air Terjun Lacolla , momen yang jarang ada J )






Tidak ada komentar:

Posting Komentar